Entri Populer

Rabu, 07 Desember 2011

Sebuah Catatan : Kompetensi

Kompetensi, hari ini saya diminta untuk mengisi kompetensi yang terkait dengan diri saya, ternyata susah sekali mengisi kompetensi yang terkait dengan diri sendiri sudah beberapa kali saya berpikir tetap saja saya belum bisa mengetahui apa yang harus saya isi.

Memang jika mendengar kata Kompetensi yang ada di pikiran saya adalah selalu tentang kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, Lho saya ini bisa apa yahh??, pertanyaan itu yang terus muncul berkali-kali !!

Menurut Yodhia Antariksa (2007), secara general, kompetensi sendiri dapat dipahami sebagai sebuah kombinasi antara ketrampilan (skill), atribut personal, dan pengetahuan (knowledge) yang tercermin melalui perilaku kinerja (job behavior) yang dapat diamati, diukur dan dievaluasi. (dikutip bebas dari Wikipedia)

Nah Lho ternyata definisi Kompetensi itu mencakup Skill, Knowledge dan Job Behaviour, Jika Skill mungkin saya masih bisa lah Word, Excell, Powerpoint dan sedikit pengetahuan tentang komputer lalu untuk knowledge-nya gimana ? dan Job Behaviuor-nya bagaimana pula ? Saya kan bekerja di dunia pendidikan, apakah mengajar itu termasuk kompetensi ? he..he..he..

Bekerja di dunia pendidikan ternyata butuh skill yang luar biasa dan pemahaman terhadap pembelajaran secara mumpuni. Hal ini yang membuat saya tambah Salut kepada Guru-guru yang ada di Indonesia.

Sekali lagi Tingkatkan terus Kompetensi Anda dan Jangan pantang menyerah

Salam,
Yusup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar